Cinta Kota Karawang

" Buatlah kota Karawang senyaman mungkin sehingga akan terasa nyaman baik untuk kita maupun untuk generasi - generasi penerus bangsa kita kelak "

Sabtu, 17 Juli 2010

ULANG TAHUN KAB. KARAWANG KE-376

Ditulis Oleh Administrator Karawang
15 September 2009
Sekitar 376 tahun yang lalu, tanggal 14 September 1633 atau bertepatan dengan 10 Maulud Tahun 1102 Hijriah, Sultan Agung menyerahkan “Piagam Pelat Kuning Kandang Sapi Gede” kepada Adipati Singaperbangsa dan Wirasaba untuk membangun pemerintah di Kabupaten Karawang, sekaligus membangun basis logistik untuk pasukannya yang berperang dengan kompeni di Batavia. Kejadian tersebutlah yang menandakan lahirnya Kabupaten Karawang, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Karawang.

Saat ini, tanggal 14 September 2009, Pemerintah Kabupaten Karawang bersama seluruh elemen masyarakat kembali memperingati kejadian bersejarah tersebut. Peringatan tersebut dilakukan secara sederhana dengan menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD yang mengagendakan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Karawang di Gedung Paripurna DPRD, serta pemotongan tumpeng dan buka puasa bersama di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Senin (14/9).
Bupati Dadang S. Muchtar dalam kesempatan tersebut mengatakan, memasuki usianya yang ke 376 tahun, Kabupaten Karawang telah semakin berkembang pesat, khususnya dalam 4 tahun terakhir masa kepemimpinannya. “Pembangunan di Kabupaten Karawang diprioritaskan kepada 4 sektor, yaitu pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan yang ditunjang oleh pembangunan infrastruktur yang memadai,” ujarnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, meskipun telah terdapat sejumlah keberhasilan, peringatan ini hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi terhadap program-program yang telah ada. “Untuk itu, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Karawang, mari kita evaluasi kembali program-program yang ada untuk dapat dituntaskan pada tahun 2010 sehingga rakyat Karawang dapat semakin merasakan keberhasilan pembangunan, “ imbuhnya.
Bupati menambahkan, guna mewujudkan hal tersebut, dirinya mengajak seluruh segenap elemen masyarakat Kabupaten Karawang, termasuk pihak eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk senantiasa menciptakan kebersamaan dalam membentuk Good dan Clean Government di Kabupaten Karawang. “Oleh karena itu, mari kita bersama-sama membangun kebersamaan, kepedulian, keterbukaan, dan komunikasi untuk membangun Karawang,” tambahnya.
Menurut Bupati, hal ini sangat perlu untuk digarisbawahi, terlebih Kabupaten Karawang akan menghadapi event pemilihan bupati dan wakil bupati pada tahun 2010 mendatang. Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada mereka yang akan mencalonkan diri sebagai calon bupati atau wakil bupati agar dapat senantiasa menjaga kebersamaan. “Hal ini pun pernah ditekankan oleh salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Karawang, Letjend. Kiki Syahnakri yang berharap tidak menjelek-jelekkan pemerintah, melainkan berupaya memperbaiki kekurangan yang ada,” jelasnya.
Ketua DPRD Kabupaten Karawang Sementara, Karda Wiranata yang memimpin sidang paripurna istimewa tersebut mengatakan, sidang ini merupakan puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Karawang, dimana rangkaian kegiatan sebelumnya adalah ziarah ke makam para Bupati Karawang, peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama di Masjid Agung, serta kegiatan mancing bersama di sepanjang saluran irigasi KW V dan VI.
Sementara itu, puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Karawang pun dipadati oleh masyarakat dan sejumlah tamu undangan, dan unsur muspida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar