Cinta Kota Karawang

" Buatlah kota Karawang senyaman mungkin sehingga akan terasa nyaman baik untuk kita maupun untuk generasi - generasi penerus bangsa kita kelak "

Kamis, 22 Juli 2010

GUNUNG SANGGABUANA


Di belakang saya adalah suasana Gunung Sanggabuana pada pagi hari ketika kami Kemping di sana. Gunung Sanggabuana adalah gunung yang berada di Kabupaten Karawang tepatnya di Desa Mekar Buana Kecamatan Pangkalan. Tentunya orang Karawang harus tahu adanya Gunung Sanggabuana di daerahnya dan juga harus menjaga kebersihan ataupun keselarasan disana. Kalau bukan orang Karawang yang menjaganya mau siapa lagi yang akan menjaganya. Ketinggian Gunung Sanggabuana ( 1.919 m dpl ). Gunung Sanggabuana mempunyai sebuah Curug yang bernama Curug Cigentis yang merupakan alirain air Gunung Sanggabuana. Curug Cigentis pun sering kali dipadati oleh para pengunjung pada saat hari libur tepatnya pada saat libur hari raya, libur tahun baru dan juga pada saat libur sekolah. Tidak jarang para pengunjung datang pada hari Minggu. Curug Cigentis pun kerap dijadikan sebagai tempat Pelantikan anggota baru baik pelantikan Siswa baru, Pramuka, PMR ( Palang Merah Remaja ) dll. Dipuncak Gunung Sanggabuana terdapat beberapa makam yang sering dikunjungi oleh para pejiarah. Salah satunya adalah makam Ki Sapujagat. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Sanggabuana menurut saya lumayan melelahkan karna untuk sampai ke puncak harus membawa persedian logistik yang cukup. Jangan sampai ditengah perjalanan persediaan logistik habis karena disana tidak ada warung hanya ada warung yaitu di puncak Gunung tepatnya di tempat para pejiarah itu pun cuma satu - satunya.

Di puncak Gunung Sanggabuana anda dapat melihat bagian - bagian kota Karawang seperti sebuah miniatur mungil karena Kota karawang terlihat dari atas sana. Bahkan yang paling mengejutkan kami bendungan Jatiluhur yang berada di Kabupaten Purwakarta pun terlihat sangat jelas dari puncak Gunung Sanggabuana.


Ini foto yang dapat kami abdikan pada saat kami tiba di puncak Gunung Sanggabuana. Dibelakang kami adalah bendungan Jatiluhur yang berada di Kabupaten Purwakarta dan terlihat sangat jelas dari atas sana. Disamping kanan - kiri kami adalah Kota karawang yang juga sangat jelas dari atas sana. Depan saya adalah makam - makam yang kerap di datangi oleh para pijiarah - pejiarah dari Karawang maupun dari luar Kota Karawang yang datang mempunyai niatan - niatan tertentu. Suasana Gunung Sanggabuana pada saat kami tiba di Puncak saat sejuk. Bahkan saat kami tiba di Puncak terdapat Kabut yang sangat mengherankan kami semua karena pada saat saat kami tiba di puncak sudah jam 11. 30 Wib. Matahari pun sudah berada di atas kepala kami hal itu yang sangat mengherankan kami semua. Kami kira di Gunung Sanggabuana kami tidak akan menemukan Kabut dan ternyata anggapan kami semua salah. Di puncak pada saat itu terdapat Kabut.



Demikian sedikit pengalaman saya yang dapat saya bagikan kepada anda. Mudah - mudahan pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi anda. Saya mohon kepada pembaca untuk memberikan komentarnya agar saya dapat memperbaiki blog saya.

4 komentar:

  1. bos kami juga pecinta alam dan ada rencana ingin mendaki gunung sanggabuana kasih tau track nya dong
    terima kasih

    BalasHapus
  2. gampang bos tinggal nanya aja ke warga,,,
    mereka pasti ngasih tau ko,,,

    BalasHapus
  3. Gan sebaiknya klo mendaki gunung itu tidak merokok. Karena pertama tidak baik untuk kesehatan terutama sistem pernapasan dan ke dua beresiko terjadi kebakan hutan.

    BalasHapus